Pemahaman jika logo merupakan investasi membuat banyak perusahaan yang tak ragu mengeluarkan biaya besar “hanya” demi sebuah logo. Misalnya, Pepsi. Pada 2008 lalu, Pepsi harus mengeluarkan dana sebesar 1 juta dollar, atau sekitar 11 miliar rupiah (kurs 11.000) untuk mengganti logo lama mereka. Jumlah yang fantastis?
Namun, biaya yang dikeluarkan Pepsi bukanlah yang terbesar. Masih ada beberapa perusahaan lain yang mengeluarkan biaya yang jauh lebih besar, bahkan berpuluh-puluh kali lipat dari biaya yang dikeluarkan oleh Pepsi.
Berikut ini 7 Logo Termahal di Dunia (bukan versi On The Spot):
7. Pepsi - 1 juta dollar
Spoilerfor PEPSI:
Pepsi (sebelumnya bernama Pepsi-Cola) adalah merek minuman ringan yang diproduksi oleh PepsiCo dan dijual di seluruh dunia melalui toko, restoran, dan mesin penjual. Minuman ini merupakan saingan terbesar Coca-Cola. Pepsi dibuat pertama kali pada 28 Agustus 1898 oleh ahli farmasi yang bernama Caleb Bradham, dan menjadi merek dagang pada 16 Juni 1903.
Di Indonesia, Pepsi diproduksi oleh PT. Pepsi-Cola Indobeverages. Pabriknya terletak di Purwakarta, Jawa Barat. Perusahaan tersebut merupakan joint-venture antara PepsiCo Amerika Serikat dengan Indofood CBP Sukses Makmur Indonesia. Saat ini PT. Pepsi-Cola Indobeverages memproduksi Pepsi, 7 Up, Mirinda, Gatorade, Tropicana Twister, Tehkita dan Fruitamin.
6. BBC - 1,8 juta dollar
Spoilerfor BBC:
British Broadcasting Corporation (BBC) merupakan perusahaan penyiaran asal Britania Raya yang dibentuk tahun 1927.
Layanan televisi BBC di Britania antara lain adalah BBC One, BBC Two, BBC Three, BBC Four, saluran berita BBC News, dan dua saluran anak-anak, CBBC Channel serta CBeebies. BBC One dan Two bisa diterima dengan transmisi analog, sedangkan sisanya digital. BBC juga mengelola sebuah stasiun yang dikhususkan untuk politik bernama BBC Parliament, yang menyajikan berita Parlemen Britania, Skotlandia, Parlemen Eropa serta Senat Amerika Serikat.
Operasi BBC dijalankan oleh BBC Worldwide termasuk saluran televisi internasionalnya seperti BBC World News, BBC Prime, BBC America, BBC Canada dan BBC Japan.
5. Australia and New Zealand Banking Group - 15 juta dollar
Spoilerfor ANZ:
Bank ANZ adalah bank terbesar keempat di Australia, setelah Commonwealth Bank, Westpac Banking Corporation, dan National Australia Bank. Bank ini didirikan pada tahun 1835.
4. Posten Norge - 55 juta dollar
Spoilerfor POSTEN:
Posten Norge atau Norway Post adalah nama institusi layanan pos Norwegia yang berdiri sejak 1647. Perusahaan ini memiliki empat divisi: Pos, Logistik, Distribusi dan Jaringan ErgoGroup AS yang mengkhususkan diri dalam layanan elektronik dan outsourcing. Posten Norge dimiliki oleh Departemen Transportasi dan Komunikasi Norwegia, yang memegang distribusi surat di seluruh negeri.
3. Accenture - 100 juta dollar
Spoilerfor ACCENTURE:
Accenture merupakan perusahaan konsultan manajemen global, servis teknologi, dan outsourcing yang berbasis di Irlandia. Perusahaan ini disebut sebagai perusahaan konsultan terbesar di dunia jika diukur dari pendapatan. Hingga saat ini, Accenture sudah melayani klien di lebih dari 120 negara.
Saat ini, total aset Accenture tercatat sebanyak 16,87 miliar dollar.
2. BP - 211 juta dollar
Spoilerfor BP:
BP (sebelumnya bernama British Petroleum) adalah sebuah perusahaan minyak bumi bermarkas di London, dan termasuk di antara empat perusahaan minyak terbesar di dunia (di samping Shell, ExxonMobil, dan Total).
Pada Desember 1998, BP bergabung dengan American Oil Company (Amoco), membentuk "BP Amoco". Namun, langkah ini dipandang umum sebagai sebuah pembelian Amoco oleh BP, hanya saja digambarkan secara resmi sebagai sebuah penggabungan karena alasan legal. Setelah setahun beroperasi bersama, mereka menggabungkan banyak operasi dan nama "Amoco" dilepas dari nama perusahaan.
1. Symantec - 1,28 miliar dollar
Spoilerfor SYMANTEC:
Symantec Corporation merupakan sebuah perusahaan multinasional asal Amerika Serikat yang menghasilkan berbagai macam perangkat lunak. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1982, dan bermarkas di Sunnyvale, California. Perusahaan ini beroperasi lebih dari 40 negara.
Symantec disebut sebagai pemimpin global di bidang solusi-solusi keamanan, backup dan ketersediaan. Salah satu produknya yang terkenal adalah Norton (Antivirus & Internet Security)
INFOGRAFIS
============================= UPDATE =============================
Perbandingan Dengan Beberapa Logo Terkenal Lain:
Quote:
Spoilerfor LOGO LAIN:
Google - $0
Coca-Cola - $0
Nike - $35
Twitter (Logo Lama) - $15
Coca-Cola - $0
Nike - $35
Twitter (Logo Lama) - $15
============================= UPDATE =============================
Quote:MENGAPA HARGA LOGO MAHAL?
Ada beberapa alasan mengapa sebuah logo memiliki harga yang mahal (bahkan meski menurut orang lain desainnya simpel, biasa aja, dll).
Pertama, ditinjau dari aspek proses pembuatannya. Setidaknya, ada delapan proses pembuatan logo, dan semuanya tidak mungkin dikerjakan hanya selama 1-3 hari (makanya aneh kalo ada yang sanggup bikin logo hanya dalam satu atau dua hari, prosesnya seperti apa?). Ini salah satu faktor mengapa sebuah desain (khususnya logo) bisa menjadi sangat mahal. Bikinnya lama, terus menghabiskan banyak energi dan pikiran. Ini kedelapan proses itu:
Kedua, ditinjau dari nilai logonya itu sendiri. Ada empat faktor:
Tambahannya:
Quote:Original Posted By unreback ►
ane tambahin nih, kenapa logo itu bisa mahal2 gitu selain emang orang yang buatnya udah terjamin kualitas kerjanya
ada 5 prinsip untuk buat logo menurut Jacob Cass (logo designer):
simple, mengesankan, gak akan termakan waktu, versatile (ane bingung nyari bahasa Indonesia yg tepatnya, intinya sebuah logo bisa dipakai disegala ukuran, bisa di cetak dalam satu warna), tepat/cocok dgn produk yg diwakili oleh logo tersebut.
nah susah kan memenuhi 5 prinsip itu, sebenernya sih teorinya banyak ane kasih ilmu yg gampang diterapin aja
nih contoh logo yang gak timeless dan yg timeless:
http://www.kaskus.co.id/thread/52861b35fdca179001000004
Quote:MENGAPA HARGA LOGO MAHAL?
Ada beberapa alasan mengapa sebuah logo memiliki harga yang mahal (bahkan meski menurut orang lain desainnya simpel, biasa aja, dll).
Pertama, ditinjau dari aspek proses pembuatannya. Setidaknya, ada delapan proses pembuatan logo, dan semuanya tidak mungkin dikerjakan hanya selama 1-3 hari (makanya aneh kalo ada yang sanggup bikin logo hanya dalam satu atau dua hari, prosesnya seperti apa?). Ini salah satu faktor mengapa sebuah desain (khususnya logo) bisa menjadi sangat mahal. Bikinnya lama, terus menghabiskan banyak energi dan pikiran. Ini kedelapan proses itu:
- Desain Brief: Memberikan kuesioner atau melakukan wawancara dengan klien untuk mendapatkan gambaran desain yang diinginkan.
- Riset & Penelitian: Melakukan penelitian yang difokuskan pada bisnisnya itu sendiri. Misal, sejarah dan sistem kerja perusahaannya, siapa saja pesaingnya, dan strategi branding apa yang sudah dilakukan oleh para pesaing.
- Referensi: Melakukan penelitian soal desain logo yang telah sukses. Mengapa logo-logo tersebut bisa sukses dikenali banyak orang? Mengapa logo-logo tersebut bisa berhasil meningkatkan branding?
- Sketsa & Membuat Konsep: Mengembangkan konsep desain logo sesuai apa yang didapatkan dari brief, riset dan referensi.
- Refleksi: Mengambil istirahat selama proses desain, mematangkan ide, dan mengubahnya ke format digital.
- Presentasi: Menyajikan beberapa konsep logo ke klien.
- Revisi Minor (bukan redraw): Melakukan sedikit perbaikan (jika ada).
- Finishing.
Kedua, ditinjau dari nilai logonya itu sendiri. Ada empat faktor:
- Logo adalah kesan pertama yang dirasakan oleh orang lain terhadap suatu bisnis, karena logo merupakan representasi dari suatu perusahaan. Kesan ini dapat membuat orang-orang menilai perusahaan tersebut sebagai bisnis yang serius dan profesional.
- Logo membutuhkan umur panjang. Setelah dirancang, logo akan mewakili wajah suatu perusahaan selama bertahun-tahun.
- Logo harus asli. Sebuah logo harus dirancang khusus. Sebuah "logo generik" tidak akan bisa mencerminkan nilai-nilai suatu perusahaan.
- Logo harus tampak profesional. Logo yang dibuat asal-asalan dan tidak memerhatikan aspek-aspek komunikasi dan kepantasan akan menyebabkan suatu bisnis dianggap tidak profesional.
Tambahannya:
Quote:Original Posted By unreback ►
ane tambahin nih, kenapa logo itu bisa mahal2 gitu selain emang orang yang buatnya udah terjamin kualitas kerjanya
ada 5 prinsip untuk buat logo menurut Jacob Cass (logo designer):
simple, mengesankan, gak akan termakan waktu, versatile (ane bingung nyari bahasa Indonesia yg tepatnya, intinya sebuah logo bisa dipakai disegala ukuran, bisa di cetak dalam satu warna), tepat/cocok dgn produk yg diwakili oleh logo tersebut.
nah susah kan memenuhi 5 prinsip itu, sebenernya sih teorinya banyak ane kasih ilmu yg gampang diterapin aja
nih contoh logo yang gak timeless dan yg timeless:
Spoilerfor contoh logo: